Penerimaan Taruna Baru STP (Sekolah Tinggi Perikanan)

Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta merupakan perguruan tinggi dalam bidang perikanan dan berada di bawah pembinaan Departemen Kelautan dan Perikanan. STP merupakan pengembangan dari Akademi Usaha Perikanan (AUP) yang didirikan di Jakarta pada tanggal 7 September 1962. kampus Utama berada di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, sekitar 30 km selatan garis pantai Teluk Jakarta.


Penerimaan Taruna Baru Jalur Umum 2013

PENGUMUMAN PENERIMAAN TARUNA BARU PROGRAM DIPLOMA IV
SEKOLAH TINGGI PERIKANAN TAHUN 2013
Nomor : 001/PENTARU/PENG/III/2013
Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta memanggil putra-putri terbaik Indonesia untuk dididik sebagai Taruna Program Diploma IV menjadi tenaga profesional bidang kelautan dan perikanan. Pilihan Program Studi terdiri atas : Program Studi Teknologi Penangkapan Ikan (TPI), Program Studi Permesinan Perikanan (MP),  Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPH), Program Studi Teknologi Akuakultur (TAK), Program Studi Teknologi Pengelolaan Sumberdaya Perairan (TPS) dan Program Studi Penyuluhan Perikanan (PP).
PERSYARATAN CALON PESERTA
Calon yang dapat diterima untuk mengikuti seleksi penerimaan Taruna Baru adalah yang memenuhi persyaratan sebagai berikut:

Persyaratan Umum:
A. Calon dari Umum
  1. Berijazah SMA/MAN (IPA/IPS), SUPM dan SMK (Bidang/Program Studi Perikanan, Kelautan,  Maritim, Pelayaran, Mesin Otomotif, Listrik, Teknik Kimia).
  2. Umur tidak lebih 22 tahun pada tanggal 31 Agustus 2013.
  3. Belum pernah menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
  4. Tinggi badan minimum : Putra 160 cm dan Putri 150 cm, dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.
  5. Berbadan sehat, tidak cacat fisik dan mental serta tidak buta warna.
  6. Berkelakuan baik.
B. Calon dari Pegawai Negeri Sipil / (PNS)
  1. Berijazah SMA/MAN (IPA/IPS), SUPM dan SMK (Bidang/Program Studi Perikanan, Kelautan,  Maritim, Pelayaran, Mesin Otomotif, Listrik, Teknik Kimia).
  2. Umur tidak lebih 30 tahun pada tanggal 31 Agustus 2013.
  3. Tinggi badan minimum : Putra 160 cm dan Putri 150 cm, dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.
  4. Berbadan sehat, tidak cacat fisik dan mental, tidak buta warna serta tidak hamil selama pendidikan.
  5. Masa kerja sebagai PNS minimum 2 tahun.
  6. Mendapat ijin dari pimpinan instansi/unit kerja.
  7. Nilai Daftar Penilaian Prestasi Pegawai (DP3) 2 tahun terakhir rata-rata dalam kriteria baik.
Persyaratan Khusus:
  1. Program Studi TPI dan MP pesertanya khusus putra dan tidak berkaca mata/lensa kontak.
  2. Program studi pilihan bagi calon dari SUPM dan SMK disesuaikan dengan program keahliannya.
PROSEDUR, WAKTU dan TEMPAT PENDAFTARAN
a)  Rayon Pusat/Jakarta
Pendaftaran  dimulai tanggal 22  April s/d 27  Juni  2013  secara online melalui Website STP http://www.stp.kkp.go.id
b)  Rayon Daerah
Pendaftaran dimulai tanggal 08 April s/d 04 Juni 2013 secara online melalui Website STP http://www.stp.kkp.go.id dan melakukan daftar ulang dengan melampirkan berkas pendaftaran yang dilaksanakan di:
  1. Kepri : Dinas Pendidikan, Jln. DI. Panjaitan KM.18 Tanjung Pinang no.12 telp (0771) 443032, fax (0771) 443033.
  2. Sibolga: Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan kota Sibolga, Jln.  Gatot Subroto Pondok Batu Sarudi Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.
  3. Batu Bara: Dinas Pendidikan Kab. Batu Bara Jl. Besar Perupuk Dusun Lima Ds. Perupuk Kec. Limapuluh 21255, Sumut
  4. Jambi: Dinas Kelautan Perikanan Jl. MT. Haryono No. 09 Telanaipura Kota Jambi 36122 Prov Jambi.
  5. Bengkulu: Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu, Jalan Cendana No.16 Kelemahan Sawah Lebar Kota Bengkulu Prov Bengkulu. Telp (0736)21477 fax (0736)21477
  6. Buleleng Bali: Dinas Kelautan dan Perikanan Buleleng Jl. Kartini No. 4 Singaraja, Buleleng Bali.
  7. Kendari: Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Tenggara, Jl.Balai Kota 4, Kendari.
  8. Ngada: Pemerintah Kab. Ngada, Jl. Soekarno Hatta No. 1, Bajawa, Flores Ngada, NTT
  9. Wakatobi , Wangi-Wangi: Pemerintah Kab. Wakatobi Jl. Samburaka No. 2 Wangi-Wangi.
  10. Palu: Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Tengah, Jl.Undara No. 7 Palu 94111.
  11. Gorontalo: Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Gorontalo, Jl. M.Husni Thamrin No. 170 Kel. Ipilo Kec. Kota Timur Kota Gorontalo 96115.
  12. Asmat: Dinas Kelautan dan Perikanan, Jl. Frans Kaisepo 98677, fax (0902) 31173.
BERKAS PENDAFTARAN
  1. Bukti pendaftaran online;
  2. Daftar Isian Peserta (format terlampir);
  3. Satu lembar copy Ijazah/STTB/Surat Tanda Lulus yang disyahkan oleh Kepala Sekolah;
  4. Dua lembar pas foto terbaru ukuran 4 x 6 cm (berwarna);
  5. Satu lembar copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian dengan menunjukkan aslinya;
  6. Satu lembar copy Surat Keterangan Belum Menikah dari Kepala Desa/Lurah dengan menunjukkan aslinya (calon dari umum);
  7. Satu lembar copy Kartu Keluarga;
  8. Surat ijin belajar dari pimpinan instansi/unit kerja, copy DP3 terakhir dan copy SK Kepegawaian terakhir (calon dari PNS);
  9. Bukti (asli dan copy) Setoran Uang Pendaftaran Rp. 75.000,- (tujuh puluh lima ribu rupiah) ditransfer ke rekening 0147374582 a.n Bendahara Penerimaan STP, Bank BNI 46 Cabang Fatmawati Jakarta.
  10. Berkas dimasukkan dalam stop map biru untuk calon Laki-laki dan hijau untuk Wanita dan cantumkan pada sudut kiri atas dengan huruf kapital tulisan SIPENTARU UMUM.
  11. Berkas untuk Rayon Pusat/Jakarta diserahkan kepada Panitia Pusat apabila telah diyatakan lulus ujian Tahap I.
  12. Berkas untuk Rayon Daerah diserahkan kepada Panitia Daerah pada saat Daftar Ulang.
UJIAN SELEKSI
  1. Rayon Daerah dilaksanakan tanggal 11  s/d  15  Juni 2013, di masing masing tempat pendaftaran.
  2. Rayon Pusat: Tahap I dilaksanakan tanggal 01 s/d 02 Juli 2013, Pengumuman tahap I tanggal 6 Juli 2013 di Kampus Sekolah Tinggi Perikanan Pasar Minggu Jakarta Selatan.
  3. Rayon Pusat: Tahap II dilaksanakan tanggal 8 s/d 11 Juli 2013, Pengumuman tahap II tanggal 22 Juli 2013 di Kampus Sekolah Tinggi Perikanan Pasar Minggu Jakarta Selatan.
  4. Selama ujian seleksi tidak disediakan pemondokan dan semua persyaratan yang telah diserahkan menjadi milik panitia.
PENGUMUMAN HASIL SELEKSI AKHIR
Hasil seleksi akhir akan diumumkan melalui Website STP http://www.stp.kkp.go.id dan Website KKP http://www.kkp.go.id pada tanggal 22 Juli 2013.
Setiap peserta yang dinyatakan lulus, WAJIB:
  1. Melakukan pengisian surat pernyataan kesanggupan mengikuti pendidikan di Sekolah Tinggi Perikanan dan bersedia bekerja di sektor kelautan dan perikanan secara online melalui Website STP http://www.stp.kkp.go.id , paling lambat tanggal 01 Agustus 2013;
  2. Masuk asrama tanggal 25 Agustus 2013 dengan membawa ijazah (asli) dan surat pernyataan (poin1) pada saat daftar ulang;
  3. Tinggal di asrama, tanpa dipungut biaya akomodasi maupun biaya konsumsi dan sanggup mematuhi peraturan di Sekolah Tinggi Perikanan;
  4. Menyediakan biaya perlengkapan pribadi dan keperluan lainnya selama mengikuti pendidikan;
  5. Jika peserta tidak dapat menunjukkan ijazah (asli) dan terbukti melakukan penyimpangan data yang disampaikan, maka keputusan kelulusannya akan dibatalkan dan calon taruna dipulangkan dengan biaya sendiri
Jakarta, 19 Maret 2013
Panitia Pelaksana Penerimaan Taruna Baru

Catatan :
  1. Naskah asli pengumuman dan lampiran pendukung dapat diunduh di link berikut : Pengumuman Pentaru Jalur Umum
  2. Pendaftaran Rayon Pusat/Jakarta di link berikut : Pendaftaran Rayon Pusat/Jakarta
  3. Pendaftaran Rayon Daerah di link berikut : Pendaftaran Rayon Daerah
----------------

Penerimaan Taruna Baru Jalur Pumakan 2013

PENGUMUMAN PENERIMAAN TARUNA BARU JALUR KHUSUS
UNTUK PELAKU UTAMA PERIKANAN (SIPENTARU PUMAKAN)
PROGRAM DIPLOMA IV
SEKOLAH TINGGI PERIKANAN TAHUN 2013
Nomor : 003/PENTARU/PENG/III/2013

Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta memanggil pelaku utama perikanan (nelayan, pengolah  hasil perikanan,  pembudidaya ikan,  pedagang ikan, petani garam, pekerja magang di sektor kelautan dan perikanan) untuk dididik sebagai Taruna Program Diploma IV ahli perikanan. Pilihan Program Studi terdiri atas: Program Studi Teknologi Penangkapan Ikan (TPI), Program Studi Permesinan Perikanan (MP), Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPH), Program Studi Teknologi Akuakultur (TAK),  Program Studi Teknologi Pengelolaan Sumberdaya Perairan (TPS) dan Program Studi Penyuluhan Perikanan (PP). Persyaratan dan prosedur pendaftaran adalah sebagai berikut :

PERSYARATAN CALON PESERTA
Persyaratan Umum:
  1. Siswa lulusan SMA/MAN (IPA/IPS), SUPM dan SMK (Bidang/Program Studi Perikanan, Kelautan, Maritim, Pelayaran, Mesin Otomotif, Listrik, Teknik Kimia);
  2. Umur tidak lebih 25 tahun pada tanggal 31 Agustus 2013;
  3. Tinggi badan minimum : Putra 160 cm dan Putri 150 cm, dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku;
  4. Berbadan sehat, tidak cacat fisik dan mental serta tidak buta warna dan tidak hamil selama mengikuti pendidikan;
  5. Berkelakuan baik;
Persyaratan Khusus :
  1. Peserta adalah pelaku utama atau pekerja magang di sektor kelautan dan perikanan yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pihak yang berwenang;
  2. Program Studi TPI dan MP peserta khusus putra dan tidak berkaca mata/lensa kontak;
  3. Program studi pilihan bagi calon dari SUPM dan SMK disesuaikan dengan program keahliannya;
PROSEDUR PENDAFTARAN
Pendaftaran dilakukan secara online melalui Website STP serta mengirimkan berkas pendaftaran yang meliputi :
  1. Bukti pendaftaran online
  2. Daftar Isian Peserta (format terlampir);
  3. Satu lembar copy Ijazah/STTB/Surat Tanda Lulus yang disahkan oleh Kepala Sekolah;
  4. Copy rapor mulai dari halaman depan hingga semester 5 yang telah dilegalisir;
  5. Dua lembar pas foto terbaru ukuran 4 x 6 cm (berwarna);
  6. Satu lembar copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang telah dilegalisir;
  7. Satu lembar copy KTP yang bersangkutan dan Kartu Keluarga yang telah dilegalisir;
  8. Surat Keterangan sebagai pelaku utama atau pekerja magang di sektor kelautan dan perikanan di atas materai Rp. 6000, yang disyahkan oleh kelurahan/Kepala Desa dan diketahui oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan setempat (format terlampir);
  9. Surat Keterangan Tidak Mampu yang dikeluarkan oleh kelurahan/Kepala Desa bagi yang tidak mampu;
  10. Foto copy surat pengalaman kerja (diutamakan yang telah dilegalisir oleh instansi terkait);
  11. Bukti (asli dan copy) Setoran Uang Pendaftaran Rp. 75.000,- (tujuh puluh lima ribu rupiah) yang ditransfer ke rekening 0147374582 Bendahara Penerimaan STP, Bank BNI 46 Cabang Fatmawati Jakarta;
  12. Berkas uji kesehatan (asli) yang meliputi : Riwayat penyakit dan terapi penyakit, Diagnosis fisik (Keadaan umum, Thorax, Abdomen, Genitalis, Extremitas), Nadi dan Tekanan Darah, THT, Mata (Pemeriksaan Visus dan Kelainan pada mata), Buta Warna, Gigi, Rontgen Thorax, Laboratorium (Urin lengkap, Darah lengkap, LED, SGOT, SGPT, Ureum, Kreatinin), HBs.Ag, Tes kehamilan;
  13. Surat pernyataan keabsahan data yang ditandatangani di atas materai Rp. 6000 seperti format terlampir;
  14. Berkas dimasukkan dalam stop map biru muda, kemudian dimasukkan dalam amplop; Cantumkan pada sudut kiri atas dengan huruf kapital tulisan SIPENTARU PUMAKAN;
  15. Berkas dapat disampaikan secara langsung atau dikirim via pos ditujukan kepada PANITIA SIPENTARU-STP d/a Sekolah Tinggi Perikanan Jln. AUP No.1 Rt.001/09, Pasar Minggu – Jakarta Selatan 12520.
WAKTU PENDAFTARAN
Pendaftaran dimulai tanggal 08 April s/d 27 Mei 2013 secara online melalui Website STP http://www.stp.kkp.go.id, berkas pendaftaran dikirim via pos paling lambat diterima Panitia tanggal 27 Mei 2013 pukul 16.00 WIB.

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI
Hasil seleksi administrasi akan diumumkan melalui Website STP http://www.stp.kkp.go.id dan Website KKP http://www.kkp.go.id pada tanggal 3 Juni 2013. Peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi harus mengikuti uji wawancara tanggal 11 s/d 12 Juni 2013, tempat dan waktu akan ditentukan kemudian pada saat pengumuman kelulusan seleksi administrasi.

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI AKHIR
Hasil seleksi akhir akan diumumkan melalui Website STP  http://www.stp.kkp.go.id  dan Website KKP  http://www.kkp.go.id  pada tanggal  22  Juli 2013.

KETENTUAN
  1. Peserta yang dinyatakan lulus wajib melakukan pengisian surat pernyataan kesanggupan mengikuti pendidikan di Sekolah Tinggi Perikanan dan bersedia bekerja di sektor kelautan dan perikanan secara online melalui Website STP http://www.stp.kkp.go.id , paling lambat tanggal 01 Agustus 2013;
  2. Peserta yang dinyatakan lulus wajib masuk asrama tanggal 25 Agustus 2013 dengan membawa ijazah (asli) dan surat pernyataan (poin1) pada saat daftar ulang;
  3. Jika peserta tidak dapat menunjukkan ijasah (asli) dan terbukti melakukan penyimpangan data yang disampaikan, maka keputusan kelulusannya akan dibatalkan dan calon taruna dipulangkan dengan biaya sendiri;
  4. Peserta yang dinyatakan lulus wajib tinggal di asrama, tanpa dikenai biaya akomodasi maupun biaya konsumsi dan sanggup mematuhi peraturan di Sekolah Tinggi Perikanan;
  5. Menyediakan biaya perlengkapan pribadi dan keperluan lainnya selama mengikuti pendidikan.
Jakarta, 19 Maret 2013
Panitia Pelaksana Penerimaan Taruna Baru

Catatan :
  1. Naskah asli pengumuman dan lampiran pendukung dapat diunduh di link berikut : Pengumuman Pentaru Jalur Khusus Pumakan
  2. Pendaftaran Jalur Khusus Pumakan di link berikut : Sipentaru Pumakan
 --------

Penerimaan Taruna Baru Jalur Anak Pumakan 2013

PENGUMUMAN PENERIMAAN TARUNA BARU JALUR KHUSUS
UNTUK ANAK PELAKU UTAMA PERIKANAN (SIPENTARU ANAK PUMAKAN)
PROGRAM DIPLOMA IV
SEKOLAH TINGGI PERIKANAN TAHUN 2013
Nomor : 002/PENTARU/PENG/III/2013

Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta memanggil putra-putri anak pelaku utama perikanan  (nelayan, pengolah hasil perikanan, pembudidaya ikan, pedagang ikan dan petani garam) untuk dididik sebagai Taruna Program Diploma IV ahli perikanan. Pilihan Program Studi terdiri atas : Program Studi Teknologi Penangkapan Ikan (TPI), Program Studi Permesinan Perikanan (MP), Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPH), Program Studi Teknologi Akuakultur (TAK), Program Studi Teknologi Pengelolaan Sumberdaya Perairan (TPS) dan Program Studi Penyuluhan Perikanan (PP).  Persyaratan dan prosedur pendaftaran adalah sebagai berikut :

PERSYARATAN CALON PESERTA
Persyaratan Umum:
  1. Siswa lulusan SMA/MAN (IPA/IPS), SUPM dan SMK (Bidang/Program Studi Perikanan, Kelautan, Maritim, Pelayaran, Mesin Otomotif, Listrik, Teknik Kimia);
  2. Umur tidak lebih 22 tahun pada tanggal 31 Agustus 2013;
  3. Belum pernah menikah; dan tidak menikah selama mengikuti pendidikan;
  4. Tinggi badan minimum : Putra 160 cm dan Putri 150 cm, dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku;
  5. Berbadan sehat, tidak cacat fisik dan mental serta tidak buta warna;
  6. Berkelakuan baik;
Persyaratan Khusus :
  1. Peserta adalah putra-putri anak pelaku utama perikanan;
  2. Program Studi TPI dan MP khusus putra, tidak berkaca mata/lensa kontak
  3. Program studi pilihan bagi calon dari SUPM dan SMK disesuaikan dengan program keahliannya.
PROSEDUR PENDAFTARAN
Pendaftaran dilakukan secara online melalui Website STP http://www.stp.kkp.go.id serta mengirimkan berkas pendaftaran yang meliputi :
  1. Bukti pendaftaran online
  2. Daftar Isian Peserta (format terlampir);
  3. Satu lembar copy Ijazah/STTB/Surat Tanda Lulus yang disahkan oleh Kepala Sekolah;
  4. Copy rapor mulai dari halaman depan hingga semester 5 yang telah dilegalisir;
  5. Dua lembar pas foto terbaru ukuran 4 x 6 cm (berwarna);
  6. Satu lembar copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang telah dilegalisir;
  7. Satu lembar Surat Keterangan Belum Menikah dari Kepala Desa/Lurah;
  8. Satu lembar copy KTP orang tua dan Kartu Keluarga yang telah dilegalisir;
  9. Surat Keterangan pekerjaan orang tua sebagai pelaku utama perikanan (pembudidaya ikan, nelayan, petani garam, pengolah ikan) di atas materai Rp. 6000, yang disyahkan oleh kelurahan/Kepala Desa dan diketahui oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan setempat (format terlampir);
  10. Surat Keterangan Tidak Mampu yang dikeluarkan oleh kelurahan/Kepala Desa bagi yang tidak mampu;
  11. Foto copy piagam prestasi akademik maupun non akademik yang telah dilegalisir instansi terkait jika ada;
  12. Bukti (asli dan copy) Setoran Uang Pendaftaran Rp. 75.000,- (tujuh puluh lima ribu rupiah) yang ditransfer ke rekening 0147374582 Bendahara Penerimaan STP, Bank BNI 46 Cabang Fatmawati Jakarta;
  13. Berkas uji kesehatan (asli) yang meliputi : Riwayat penyakit dan terapi penyakit, Diagnosis fisik (Keadaan umum, Thorax, Abdomen, Genitalis, Extremitas), Nadi dan Tekanan Darah, THT, Mata (Pemeriksaan Visus dan Kelainan pada mata), Buta Warna, Gigi, Rontgen Thorax, Laboratorium (Urin lengkap, Darah lengkap, LED, SGOT, SGPT, Ureum, Kreatinin), HBs.Ag, Tes kehamilan;
  14. Surat pernyataan keabsahan data yang ditandatangani di atas materai Rp. 6000 seperti format terlampir;
  15. Berkas dimasukkan dalam stop map merah untuk calon Laki-laki dan kuning untuk Wanita, kemudian dimasukkan dalam amplop;
  16. Cantumkan pada sudut kiri atas dengan huruf kapital tulisan SIPENTARU ANAK PUMAKAN;
  17. Berkas dapat disampaikan secara langsung atau dikirim via pos ditujukan kepada PANITIA SIPENTARU-STP d/a Sekolah Tinggi Perikanan  Jln. AUP No.1 RT.001/09, Pasar Minggu – Jakarta Selatan 12520.
WAKTU PENDAFTARAN
Pendaftaran dimulai tanggal 08 April s/d 27 Mei 2013 secara online melalui Website STP http://www.stp.kkp.go.id, berkas pendaftaran dikirim via pos paling lambat diterima Panitia tanggal 27 Mei 2013 pukul 16.00 WIB.

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI
Hasil seleksi administrasi akan diumumkan melalui Website STP http://www.stp.kkp.go.id dan Website KKP http://www.kkp.go.id pada tanggal 3 Juni 2013.  Peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi harus mengikuti uji wawancara tanggal 11 s/d 12 Juni 2013, tempat dan waktu akan ditentukan kemudian pada saat pengumuman kelulusan seleksi administrasi.

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI AKHIR
Hasil seleksi akhir akan diumumkan melalui Website STP http://www.stp.kkp.go.id dan Website KKP http://www.kkp.go.id pada tanggal 22 Juli 2013.
KETENTUAN
  1. Peserta yang dinyatakan lulus wajib melakukan pengisian surat pernyataan kesanggupan mengikuti pendidikan di Sekolah Tinggi Perikanan dan bersedia bekerja di sektor kelautan dan perikanan secara online melalui Website STP http://www.stp.kkp.go.id , paling lambat tanggal 01 Agustus 2013;
  2. Peserta yang dinyatakan lulus wajib masuk asrama tanggal 25 Agustus 2013 dengan membawa ijazah (asli) dan surat pernyataan (poin1) pada saat daftar ulang;
  3. Jika peserta tidak dapat menunjukkan ijasah (asli) dan terbukti melakukan penyimpangan data yang disampaikan, maka keputusan kelulusannya akan dibatalkan dan calon taruna dipulangkan dengan biaya sendiri;
  4. Peserta yang dinyatakan lulus wajib tinggal di asrama, tanpa dipungut biaya akomodasi maupun biaya konsumsi dan sanggup mematuhi peraturan di Sekolah Tinggi Perikanan;
  5. Menyediakan biaya perlengkapan pribadi dan keperluan lainnya selama mengikuti pendidikan.

Jakarta, 19 Maret 2013
Panitia Pelaksana Penerimaan Taruna Baru

Catatan :
  1. Naskah asli pengumuman dan lampiran pendukung dapat diunduh di link berikut : Pengumuman Pentaru Jalur Khusus Anak Pumakan
  2. Pendaftaran Jalur Khusus Anak Pumakan di link berikut : Sipentaru Anak Pumakan